Hei
Aku hidup Anda
Aku orang yang membawa Anda ke sana
Aku hidup Anda
Aku orang yang peduli
mereka
mereka mengkhianati
Saya satu-satunya teman sejati Anda sekarang
mereka
mereka akan mengkhianati
Aku selamanya ada
Aku mimpi Anda, membuat Anda nyata
Aku mata Anda ketika Anda harus mencuri
Aku sakit Anda ketika Anda tidak bisa merasakan
sedih tapi benar
Aku mimpi Anda, pikiran sesat
Aku mata Anda saat Anda sedang pergi
Aku sakit Anda sementara Anda membayar
Anda tahu itu menyedihkan tapi benar
Anda
Anda topeng saya
Anda sedang menutupi saya, tempat tinggal saya
Anda
Anda topeng saya
Anda sendiri yang menyalahkan
melakukan
melakukan pekerjaan saya
melakukan pekerjaan kotor saya, kambing hitam
melakukan
melakukan perbuatan saya
bagi Anda sendiri yang mempermalukan
Aku mimpi Anda, membuat Anda nyata
Aku mata Anda ketika Anda harus mencuri
Aku sakit Anda ketika Anda tidak bisa merasakan
sedih tapi benar
Aku mimpi Anda, pikiran sesat
Aku mata Anda saat Anda sedang pergi
Aku sakit Anda sementara Anda membayar
Anda tahu itu menyedihkan tapi benar
benci
Saya benci Anda
Aku benci bila Anda menginginkan cinta
membayar
membayar harga
membayar, untuk apa-apa adil
hei
Aku hidup Anda
Akulah yang mengambil Anda di sini
hei
Aku hidup Anda
dan saya tidak lagi peduli
Aku mimpi Anda, membuat Anda nyata
Aku mata Anda ketika Anda harus mencuri
Aku sakit Anda ketika Anda tidak bisa merasakan
sedih tapi benar
Aku kebenaran Anda, berbohong
Aku alibi anda beralasan
Aku di dalam membuka mata Anda
Aku Anda
sedih tapi benar
Sabtu, 05 Maret 2011
tidak ada lagi yang penting
Begitu dekat, tidak peduli seberapa jauh
Tidak dapat jauh lebih dari hati
Forever mempercayai siapa kita
dan tidak ada lagi yang penting
Pernah membuka diri dengan cara ini
Hidup adalah milik kita, kita hidup dengan cara kita
Semua kata-kata saya tidak hanya berkata
dan tidak ada lagi yang penting
Trust Saya mencari dan saya menemukan di dalam kamu
Setiap hari bagi kita sesuatu yang baru
Bukalah pikiran untuk tampilan yang berbeda
dan tidak ada lagi yang penting
tidak pernah peduli atas apa yang mereka lakukan
tidak pernah peduli untuk apa mereka tahu
tapi aku tahu
Begitu dekat, tidak peduli seberapa jauh
Tidak dapat jauh lebih dari hati
Forever mempercayai siapa kita
dan tidak ada lagi yang penting
tidak pernah peduli atas apa yang mereka lakukan
tidak pernah peduli untuk apa mereka tahu
tapi aku tahu
Pernah membuka diri dengan cara ini
Hidup adalah milik kita, kita hidup dengan cara kita
Semua kata-kata saya tidak hanya berkata
Trust Saya mencari dan saya menemukan di dalam kamu
Setiap hari bagi kita, sesuatu yang baru
Bukalah pikiran untuk tampilan yang berbeda
dan tidak ada lagi yang penting
tidak pernah peduli atas apa yang mereka katakan
tidak pernah peduli untuk permainan yang mereka mainkan
tidak pernah peduli atas apa yang mereka lakukan
tidak pernah peduli untuk apa mereka tahu
dan aku tahu
Begitu dekat, tidak peduli seberapa jauh
Tidak dapat jauh lebih dari hati
Forever mempercayai siapa kita
Tidak, tidak ada lagi yang penting
Tidak dapat jauh lebih dari hati
Forever mempercayai siapa kita
dan tidak ada lagi yang penting
Pernah membuka diri dengan cara ini
Hidup adalah milik kita, kita hidup dengan cara kita
Semua kata-kata saya tidak hanya berkata
dan tidak ada lagi yang penting
Trust Saya mencari dan saya menemukan di dalam kamu
Setiap hari bagi kita sesuatu yang baru
Bukalah pikiran untuk tampilan yang berbeda
dan tidak ada lagi yang penting
tidak pernah peduli atas apa yang mereka lakukan
tidak pernah peduli untuk apa mereka tahu
tapi aku tahu
Begitu dekat, tidak peduli seberapa jauh
Tidak dapat jauh lebih dari hati
Forever mempercayai siapa kita
dan tidak ada lagi yang penting
tidak pernah peduli atas apa yang mereka lakukan
tidak pernah peduli untuk apa mereka tahu
tapi aku tahu
Pernah membuka diri dengan cara ini
Hidup adalah milik kita, kita hidup dengan cara kita
Semua kata-kata saya tidak hanya berkata
Trust Saya mencari dan saya menemukan di dalam kamu
Setiap hari bagi kita, sesuatu yang baru
Bukalah pikiran untuk tampilan yang berbeda
dan tidak ada lagi yang penting
tidak pernah peduli atas apa yang mereka katakan
tidak pernah peduli untuk permainan yang mereka mainkan
tidak pernah peduli atas apa yang mereka lakukan
tidak pernah peduli untuk apa mereka tahu
dan aku tahu
Begitu dekat, tidak peduli seberapa jauh
Tidak dapat jauh lebih dari hati
Forever mempercayai siapa kita
Tidak, tidak ada lagi yang penting
asal aja
Sebuah jalan sepi, melintasi baris lain keadaan dingin Mil jauhnya dari mereka yang saya maksud cinta sulit untuk menemukan Sementara aku mengingat semua kata yang berbicara kepada saya Tidak dapat membantu tetapi berharap bahwa aku ada di sana Kembali mana aku ingin menjadi, oh yeah
Ya Tuhan satu-satunya hal saya minta dari Anda adalah memeluknya saat aku tidak ada, saat aku terlalu jauh Kita semua membutuhkan orang yang bisa benar untuk Anda Tapi aku meninggalkannya saat aku menemukannya Dan sekarang aku ingin aku tetap tinggal 'Karena aku kesepian dan aku lelah Aku hilang lagi oh tidak Sekali lagi
Ada apa di sini untuk saya di jalan ini tandus Ada satu ada di sini sementara kota tidur dan semua toko tutup Tidak dapat membantu tetapi memikirkan waktu saya miliki dengan Anda Gambar dan beberapa kenangan akan membantu saya melalui, oh yeah
Ya Tuhan satu-satunya hal saya minta dari Anda adalah memeluknya saat aku tidak ada, saat aku terlalu jauh Kita semua membutuhkan orang yang bisa benar untuk Anda Aku meninggalkannya saat aku menemukannya Dan sekarang aku ingin aku tetap tinggal 'Karena aku kesepian dan aku lelah Aku hilang lagi oh tidak Sekali lagi
Beberapa pencarian, tidak pernah menemukan jalan Tak lama kemudian, mereka merana Aku menemukanmu, sesuatu mengatakan padaku untuk tinggal Aku menyerah, cara-cara egois Dan bagaimana aku merindukan seseorang untuk memegang ketika harapan mulai memudar ...
Sebuah jalan sepi, melintasi baris lain keadaan dingin Mil jauhnya dari mereka yang saya maksud cinta sulit untuk menemukan
Ya Tuhan satu-satunya hal saya minta dari Anda adalah memeluknya saat aku tidak ada, saat aku terlalu jauh Kita semua membutuhkan orang yang bisa benar untuk Anda Aku meninggalkannya saat aku menemukannya Dan sekarang aku ingin aku tetap tinggal 'Karena aku kesepian dan aku lelah Aku hilang lagi oh tidak Sekali lagi
Ya Tuhan satu-satunya hal saya minta dari Anda adalah memeluknya saat aku tidak ada, saat aku terlalu jauh Kita semua membutuhkan orang yang bisa benar untuk Anda Tapi aku meninggalkannya saat aku menemukannya Dan sekarang aku ingin aku tetap tinggal 'Karena aku kesepian dan aku lelah Aku hilang lagi oh tidak Sekali lagi
Ada apa di sini untuk saya di jalan ini tandus Ada satu ada di sini sementara kota tidur dan semua toko tutup Tidak dapat membantu tetapi memikirkan waktu saya miliki dengan Anda Gambar dan beberapa kenangan akan membantu saya melalui, oh yeah
Ya Tuhan satu-satunya hal saya minta dari Anda adalah memeluknya saat aku tidak ada, saat aku terlalu jauh Kita semua membutuhkan orang yang bisa benar untuk Anda Aku meninggalkannya saat aku menemukannya Dan sekarang aku ingin aku tetap tinggal 'Karena aku kesepian dan aku lelah Aku hilang lagi oh tidak Sekali lagi
Beberapa pencarian, tidak pernah menemukan jalan Tak lama kemudian, mereka merana Aku menemukanmu, sesuatu mengatakan padaku untuk tinggal Aku menyerah, cara-cara egois Dan bagaimana aku merindukan seseorang untuk memegang ketika harapan mulai memudar ...
Sebuah jalan sepi, melintasi baris lain keadaan dingin Mil jauhnya dari mereka yang saya maksud cinta sulit untuk menemukan
Ya Tuhan satu-satunya hal saya minta dari Anda adalah memeluknya saat aku tidak ada, saat aku terlalu jauh Kita semua membutuhkan orang yang bisa benar untuk Anda Aku meninggalkannya saat aku menemukannya Dan sekarang aku ingin aku tetap tinggal 'Karena aku kesepian dan aku lelah Aku hilang lagi oh tidak Sekali lagi
ngrang bebas
Rebut hari atau mati menyesali waktu yang Anda hilang Ini kosong dan dingin tanpa kau di sini, terlalu banyak orang terasa sakit
Saya melihat visi saya terbakar, saya merasa kenangan saya memudar dengan waktu Tapi aku terlalu muda untuk khawatir Jalan-jalan ini kita akan menjalani perjalanan di masa lalu sama kami yang hilang
Saya menemukan Anda di sini, sekarang silahkan saja tinggal untuk sementara Aku bisa bergerak dengan Anda di sekitar Aku tangan Anda kehidupan fana saya, tapi akan itu selamanya? Aku akan melakukan apa pun untuk tersenyum, waktu tahan til Anda 'kita dilakukan Kita berdua tahu hari itu akan datang, tapi aku tidak ingin meninggalkan Anda
Saya melihat visi saya terbakar, saya merasa kenangan saya memudar dengan waktu Tapi aku terlalu muda untuk khawatir (melodi, memori, atau hanya satu gambar)
Rebut hari atau mati menyesali waktu yang Anda hilang Ini kosong dan dingin tanpa kau di sini, terlalu banyak orang terasa sakit lebih dari
Newborn kehidupan menggantikan kita semua, perubahan ini fabel kita hidup di Tidak lagi dibutuhkan di sini sehingga mana kita pergi? Apakah Anda mengambil perjalanan malam ini, ikuti saya melewati dinding kematian? Tapi gadis, bagaimana jika tidak ada kehidupan kekal?
Saya melihat visi saya terbakar, saya merasa kenangan saya memudar dengan waktu Tapi aku terlalu muda untuk khawatir (melodi, memori, atau hanya satu gambar)
Rebut hari atau mati menyesali waktu yang Anda hilang Ini kosong dan dingin tanpa kau di sini, terlalu banyak orang terasa sakit lebih dari
Ujian dalam hidup, pertanyaan-pertanyaan dari kami yang ada di sini, tidak mau mati sendirian tanpa Anda di sini Tolong beritahu saya apa yang kita miliki adalah nyata
Jadi, bagaimana jika aku tidak pernah memegang Anda, ya, atau mencium bibir Anda lagi? Woooaaah, jadi saya tidak ingin meninggalkan Anda dan kenangan dari kita untuk melihat Aku mohon jangan tinggalkan saya
Rebut hari atau mati menyesali waktu yang Anda hilang Ini kosong dan dingin tanpa kau di sini, terlalu banyak orang terasa sakit lebih dari
Ujian dalam hidup, pertanyaan-pertanyaan dari kami yang ada di sini, tidak mau mati sendirian tanpa Anda di sini Tolong beritahu saya apa yang kita miliki adalah nyata
Diam kamu kehilangan aku, tidak ada kesempatan untuk satu hari lagi [x2 kemudian berlanjut di latar belakang] Aku berdiri di sini sendiri Jatuh jauh dari Anda, tidak ada kesempatan untuk kembali pulang Aku berdiri di sini sendiri Jatuh jauh dari Anda, tidak ada kesempatan untuk kembali pulang
Saya melihat visi saya terbakar, saya merasa kenangan saya memudar dengan waktu Tapi aku terlalu muda untuk khawatir Jalan-jalan ini kita akan menjalani perjalanan di masa lalu sama kami yang hilang
Saya menemukan Anda di sini, sekarang silahkan saja tinggal untuk sementara Aku bisa bergerak dengan Anda di sekitar Aku tangan Anda kehidupan fana saya, tapi akan itu selamanya? Aku akan melakukan apa pun untuk tersenyum, waktu tahan til Anda 'kita dilakukan Kita berdua tahu hari itu akan datang, tapi aku tidak ingin meninggalkan Anda
Saya melihat visi saya terbakar, saya merasa kenangan saya memudar dengan waktu Tapi aku terlalu muda untuk khawatir (melodi, memori, atau hanya satu gambar)
Rebut hari atau mati menyesali waktu yang Anda hilang Ini kosong dan dingin tanpa kau di sini, terlalu banyak orang terasa sakit lebih dari
Newborn kehidupan menggantikan kita semua, perubahan ini fabel kita hidup di Tidak lagi dibutuhkan di sini sehingga mana kita pergi? Apakah Anda mengambil perjalanan malam ini, ikuti saya melewati dinding kematian? Tapi gadis, bagaimana jika tidak ada kehidupan kekal?
Saya melihat visi saya terbakar, saya merasa kenangan saya memudar dengan waktu Tapi aku terlalu muda untuk khawatir (melodi, memori, atau hanya satu gambar)
Rebut hari atau mati menyesali waktu yang Anda hilang Ini kosong dan dingin tanpa kau di sini, terlalu banyak orang terasa sakit lebih dari
Ujian dalam hidup, pertanyaan-pertanyaan dari kami yang ada di sini, tidak mau mati sendirian tanpa Anda di sini Tolong beritahu saya apa yang kita miliki adalah nyata
Jadi, bagaimana jika aku tidak pernah memegang Anda, ya, atau mencium bibir Anda lagi? Woooaaah, jadi saya tidak ingin meninggalkan Anda dan kenangan dari kita untuk melihat Aku mohon jangan tinggalkan saya
Rebut hari atau mati menyesali waktu yang Anda hilang Ini kosong dan dingin tanpa kau di sini, terlalu banyak orang terasa sakit lebih dari
Ujian dalam hidup, pertanyaan-pertanyaan dari kami yang ada di sini, tidak mau mati sendirian tanpa Anda di sini Tolong beritahu saya apa yang kita miliki adalah nyata
Diam kamu kehilangan aku, tidak ada kesempatan untuk satu hari lagi [x2 kemudian berlanjut di latar belakang] Aku berdiri di sini sendiri Jatuh jauh dari Anda, tidak ada kesempatan untuk kembali pulang Aku berdiri di sini sendiri Jatuh jauh dari Anda, tidak ada kesempatan untuk kembali pulang
Jumat, 04 Maret 2011
Akhlak yang Mulia dan Amal-Amal yang Baik
Ahlus Sunnah Wal Jama’ah Mengajak Manusia Kepada Akhlak yang Mulia dan Amal-Amal yang Baik
Oleh Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas
Rasulullah shallalllahu ‘alaihi wa sallam diutus untuk mengajak manusia agar beribadah hanya kepada Allah Azza wa Jalla saja dan memperbaiki akhlak manusia. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
"Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang baik." [3]
Sesungguhnya antara akhlak dengan ‘aqidah terdapat hubungan yang sangat kuat sekali. Karena akhlak yang baik sebagai bukti dari keimanan dan akhlak yang buruk sebagai bukti atas lemahnya iman, semakin sempurna akhlak seorang Muslim berarti semakin kuat imannya.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
"Kaum Mukminin yang paling sempurna imannya adalah yang akhlaknya paling baik di antara mereka, dan yang paling baik di antara kalian adalah yang paling baik kepada isteri-isterinya." [4]
Akhlak yang baik adalah bagian dari amal shalih yang dapat menambah keimanan dan memiliki bobot yang berat dalam timbangan. Pemiliknya sangat dicintai oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan akhlak yang baik adalah salah satu penyebab seseorang untuk dapat masuk Surga.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
"Tidak ada sesuatu pun yang lebih berat dalam timbangan seorang mukmin di hari Kiamat melainkan akhlak yang baik, dan sesungguhnya Allah sangat membenci orang yang suka berbicara keji dan kotor." [5>
Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda pula:
"Sesungguhnya yang paling aku cintai di antara kalian dan yang paling dekat majelisnya denganku pada hari Kiamat adalah yang paling baik akhlaknya..." [6>
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya tentang kebanyakan yang menyebabkan manusia masuk Surga, maka beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab:
"Takwa kepada Allah dan akhlak yang baik." Dan ketika ditanya tentang kebanyakan yang menyebabkan manusia masuk Neraka, maka beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: "Lidah dan kemaluan." [7>
Ahlus Sunnah juga memerintahkan untuk berbuat baik kepada kedua orang tua, menganjurkan untuk bersilaturrahim, serta berbuat baik kepada tetangga, anak yatim, fakir miskin, dan Ibnu Sabil. [8> Mereka (Ahlus Sunnah) melarang dari berbuat sombong, angkuh, dan zhalim. [9> Mereka memerintahkan untuk berakhlak yang mulia dan melarang dari akhlak yang hina.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
"Sesungguhnya Allah Maha Pemurah menyukai kedermawanan dan akhlak yang mulia serta membenci akhlak yang rendah/hina." [10>
Sungguh akhlak yang mulia itu meninggikan derajat seseorang di sisi Allah, sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam
"Sesungguhnya seorang Mukmin dengan akhlaknya yang baik, akan mencapai derajat orang yang shaum (puasa) di siang hari dan shalat di tengah malam." [11>
Akhlak yang mulia dapat menambah umur dan menjadikan rumah makmur, sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:
"... Akhlak yang baik dan bertetangga yang baik keduanya menjadikan rumah makmur dan menambah umur." [12>
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling baik akhlaknya. Allah Subhanahu wa Ta’ala telah sebutkan dalam firman-Nya:
"Dan sesungguhnya kamu benar-benar mempunyai akhlak yang agung." [Al-Qalam : 4>
Hal ini sesuai dengan penuturan ‘Aisyah Radhiyallahu ‘anha:
"Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling baik akhlaknya." [13>
Begitu pula para Sahabat radhiyallahu ‘anhum, mereka adalah orang-orang yang paling baik akhlaknya setelah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Dan di antara akhlak Salafush Shalih radhiyallahu ‘anhum, yaitu:
1. Ikhlas dalam ilmu dan amal serta takut dari riya’.
2. Jujur dalam segala hal dan menjauhkan dari sifat dusta.
3. Bersungguh-sungguh dalam menunaikan amanah dan tidak khianat.
4. Menjunjung tinggi hak-hak Allah dan Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam.
5. Berusaha meninggalkan segala bentuk kemunafikan.
6. Lembut hatinya, banyak mengingat mati dan akhirat serta takut terhadap akhir kehidupan yang jelek (su’ul khatimah).
7. Banyak berdzikir kepada Allah Azza wa Jalla, dan tidak berbicara yang sia-sia.
8. Tawadhdhu’ (rendah hati) dan tidak sombong.
9. Banyak bertaubat, beristighfar (mohon ampun) kepada Allah, baik siang maupun malam.
10. Bersungguh-sungguh dalam bertaqwa dan tidak mengaku-ngaku sebagai orang yang bertaqwa, serta senantiasa takut kepada Allah.
11. Sibuk dengan aib diri sendiri dan tidak sibuk dengan aib orang lain serta selalu menutupi aib orang lain.
12. Senantiasa menjaga lisan mereka, tidak suka ghibah (tidak menggunjing sesama Muslim).
13. Pemalu. [14>
Malu adalah akhlak Islam, sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:
"Sesungguhnya setiap agama memiliki akhlak dan akhlak Islam adalah malu." [15>
Begitu juga sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam :
"Malu itu tidak mendatangkan sesuatu melainkan kebaikan semata." [16>
14. Banyak memaafkan dan sabar kepada orang yang menyakitinya.
"Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang ma’ruf, serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh." [Al-A’raaf: 199>
15. Banyak bershadaqah, dermawan, menolong orang-orang yang susah, tidak bakhil/tidak pelit.
16. Mendamaikan orang yang mempunyai sengketa.
17. Tidak hasad (dengki, iri), tidak berburuk sangka sesama Mukmin.
18. Berani dalam mengatakan kebenaran dan menyukainya. [17>
Itulah di antara akhlak Salafush Shalih, mereka adalah orang-orang yang mempunyai akhlak yang tinggi dan mulia serta dipuji oleh Allah dan Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam. Orang-orang yang mengikuti jejak mereka adalah orang-orang yang harus mempunyai akhlak yang mulia karena akhlak mempunyai hubungan yang erat dengan ‘aqidah dan manhaj. Semoga kita diberikan taufiq oleh Allah Azza wa jalla dan diberikan kekuatan untuk dapat meneladani akhlak Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para Sahabatnya radhiyallahu ‘anhum.
Dan tidak boleh seseorang mengatakan: "Salaf itu tidak berakhlak." Kalimat ini merupakan celaan terhadap generasi yang terbaik dari ummat ini. Adapun kesalahan dari akhlak tiap individu, maka tidak ada seorang manusia pun yang ma’shum kecuali Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
[Disalin dari kitab Syarah Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama"ah, Penulis Yazid bin Abdul Qadir Jawas, Penerbit Pustaka Imam Asy-Syafi"i, PO BOX 7803/JACC 13340A. Cetakan Ketiga Jumadil Awwal 1427H/Juni 2006M]
Oleh Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas
Rasulullah shallalllahu ‘alaihi wa sallam diutus untuk mengajak manusia agar beribadah hanya kepada Allah Azza wa Jalla saja dan memperbaiki akhlak manusia. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
"Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang baik." [3]
Sesungguhnya antara akhlak dengan ‘aqidah terdapat hubungan yang sangat kuat sekali. Karena akhlak yang baik sebagai bukti dari keimanan dan akhlak yang buruk sebagai bukti atas lemahnya iman, semakin sempurna akhlak seorang Muslim berarti semakin kuat imannya.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
"Kaum Mukminin yang paling sempurna imannya adalah yang akhlaknya paling baik di antara mereka, dan yang paling baik di antara kalian adalah yang paling baik kepada isteri-isterinya." [4]
Akhlak yang baik adalah bagian dari amal shalih yang dapat menambah keimanan dan memiliki bobot yang berat dalam timbangan. Pemiliknya sangat dicintai oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan akhlak yang baik adalah salah satu penyebab seseorang untuk dapat masuk Surga.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
"Tidak ada sesuatu pun yang lebih berat dalam timbangan seorang mukmin di hari Kiamat melainkan akhlak yang baik, dan sesungguhnya Allah sangat membenci orang yang suka berbicara keji dan kotor." [5>
Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda pula:
"Sesungguhnya yang paling aku cintai di antara kalian dan yang paling dekat majelisnya denganku pada hari Kiamat adalah yang paling baik akhlaknya..." [6>
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya tentang kebanyakan yang menyebabkan manusia masuk Surga, maka beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab:
"Takwa kepada Allah dan akhlak yang baik." Dan ketika ditanya tentang kebanyakan yang menyebabkan manusia masuk Neraka, maka beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: "Lidah dan kemaluan." [7>
Ahlus Sunnah juga memerintahkan untuk berbuat baik kepada kedua orang tua, menganjurkan untuk bersilaturrahim, serta berbuat baik kepada tetangga, anak yatim, fakir miskin, dan Ibnu Sabil. [8> Mereka (Ahlus Sunnah) melarang dari berbuat sombong, angkuh, dan zhalim. [9> Mereka memerintahkan untuk berakhlak yang mulia dan melarang dari akhlak yang hina.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
"Sesungguhnya Allah Maha Pemurah menyukai kedermawanan dan akhlak yang mulia serta membenci akhlak yang rendah/hina." [10>
Sungguh akhlak yang mulia itu meninggikan derajat seseorang di sisi Allah, sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam
"Sesungguhnya seorang Mukmin dengan akhlaknya yang baik, akan mencapai derajat orang yang shaum (puasa) di siang hari dan shalat di tengah malam." [11>
Akhlak yang mulia dapat menambah umur dan menjadikan rumah makmur, sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:
"... Akhlak yang baik dan bertetangga yang baik keduanya menjadikan rumah makmur dan menambah umur." [12>
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling baik akhlaknya. Allah Subhanahu wa Ta’ala telah sebutkan dalam firman-Nya:
"Dan sesungguhnya kamu benar-benar mempunyai akhlak yang agung." [Al-Qalam : 4>
Hal ini sesuai dengan penuturan ‘Aisyah Radhiyallahu ‘anha:
"Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling baik akhlaknya." [13>
Begitu pula para Sahabat radhiyallahu ‘anhum, mereka adalah orang-orang yang paling baik akhlaknya setelah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Dan di antara akhlak Salafush Shalih radhiyallahu ‘anhum, yaitu:
1. Ikhlas dalam ilmu dan amal serta takut dari riya’.
2. Jujur dalam segala hal dan menjauhkan dari sifat dusta.
3. Bersungguh-sungguh dalam menunaikan amanah dan tidak khianat.
4. Menjunjung tinggi hak-hak Allah dan Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam.
5. Berusaha meninggalkan segala bentuk kemunafikan.
6. Lembut hatinya, banyak mengingat mati dan akhirat serta takut terhadap akhir kehidupan yang jelek (su’ul khatimah).
7. Banyak berdzikir kepada Allah Azza wa Jalla, dan tidak berbicara yang sia-sia.
8. Tawadhdhu’ (rendah hati) dan tidak sombong.
9. Banyak bertaubat, beristighfar (mohon ampun) kepada Allah, baik siang maupun malam.
10. Bersungguh-sungguh dalam bertaqwa dan tidak mengaku-ngaku sebagai orang yang bertaqwa, serta senantiasa takut kepada Allah.
11. Sibuk dengan aib diri sendiri dan tidak sibuk dengan aib orang lain serta selalu menutupi aib orang lain.
12. Senantiasa menjaga lisan mereka, tidak suka ghibah (tidak menggunjing sesama Muslim).
13. Pemalu. [14>
Malu adalah akhlak Islam, sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:
"Sesungguhnya setiap agama memiliki akhlak dan akhlak Islam adalah malu." [15>
Begitu juga sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam :
"Malu itu tidak mendatangkan sesuatu melainkan kebaikan semata." [16>
14. Banyak memaafkan dan sabar kepada orang yang menyakitinya.
"Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang ma’ruf, serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh." [Al-A’raaf: 199>
15. Banyak bershadaqah, dermawan, menolong orang-orang yang susah, tidak bakhil/tidak pelit.
16. Mendamaikan orang yang mempunyai sengketa.
17. Tidak hasad (dengki, iri), tidak berburuk sangka sesama Mukmin.
18. Berani dalam mengatakan kebenaran dan menyukainya. [17>
Itulah di antara akhlak Salafush Shalih, mereka adalah orang-orang yang mempunyai akhlak yang tinggi dan mulia serta dipuji oleh Allah dan Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam. Orang-orang yang mengikuti jejak mereka adalah orang-orang yang harus mempunyai akhlak yang mulia karena akhlak mempunyai hubungan yang erat dengan ‘aqidah dan manhaj. Semoga kita diberikan taufiq oleh Allah Azza wa jalla dan diberikan kekuatan untuk dapat meneladani akhlak Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para Sahabatnya radhiyallahu ‘anhum.
Dan tidak boleh seseorang mengatakan: "Salaf itu tidak berakhlak." Kalimat ini merupakan celaan terhadap generasi yang terbaik dari ummat ini. Adapun kesalahan dari akhlak tiap individu, maka tidak ada seorang manusia pun yang ma’shum kecuali Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
[Disalin dari kitab Syarah Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama"ah, Penulis Yazid bin Abdul Qadir Jawas, Penerbit Pustaka Imam Asy-Syafi"i, PO BOX 7803/JACC 13340A. Cetakan Ketiga Jumadil Awwal 1427H/Juni 2006M]
“Larangan Bepergian Tanpa Adanya Muhrim Yang Mendampinginya”
“Larangan Bepergian Tanpa Adanya Muhrim Yang Mendampinginya” ketegori Muslim. Larangan Bepergian Tanpa Adanya Muhrim Yang Mendampinginya
Amr bin Abdul Mun’im
Dari Ibnu Umar Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, telah bersabda.
“Artinya : Tidak diperbolehkan seorang wanita bepergian selama tiga hari melainkan bersamanya ada seorang muhrim”. (Hadits Riwayat Muttafaqun ‘alaihi)
Dan dari Abu Said Al-Khudri Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.
“Artinya : Tidak diperbolehkan seorang wanita bepergian selama dua hari melainkan bersamanya seorang muhrim darinya atau suaminya”. (Hadits Riwayat Muttafaqun ‘alaihi)
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda.
“Artinya : Tidak boleh bagi seorang wanita yang beriman kepada Allah dan hari akhir untuk bepergian menempuh perjalanan satu hari melainkan bersamanya seorang muhrimnya”. (Hadits Riwayat Muttaffaqun ‘alaihi)
Dan dari Ibnu Abbas Radhiyalahu ‘anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda. “Tidak diperbolehkan seorang wanita bepergian melainkan bersamanya seorang wanita”.
Lalu ada seorang yang berkata. “Wahai Rasulullah, isteriku keluar rumah untuk menunaikan ibadah haji dan aku bertugas di perang ini dan ini”.
Beliau pun bertutur. “Pergi dan berhajilah bersama isterimu”. (Hadits Riwayat Muttafaqun ‘alaihi)
Dalam riwayat lain disebutkan.
“Artinya : Janganlah wanita bepergian selama tiga hari kecuali bersama mahramnya”.
Dalam setiap kondisinya, wanita Muslimah harus selalu mengikuti langkah-langkah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, berusaha semampunya melaksanakan perintah-perintah beliau dan menjauhi apa yang dilarangnya.
Perkataan beliau, “La Yakhilu”, maksudnya “La Yajuzu”, tidak diperbolehkan. Perkataan beliau, “Bagi wanita yang beriman kepada Allah dan hari akhirat”, menurut sebagian ulama, pengertiannya bahwa larangan tersebut hanya dikhususkan bagi wanita Mukminah, tidak termasuk wanita-wanita kafir. Pendapat ini disanggah bahwa imanlah yang terus menerus menjadi seruan pembuat syari’at terhadap orang yang memiliki iman itu, sehingga dia dapat mengambil manfaat darinya dan dapat selamat.
Wahai Ukhti Muslimah …!
Islam yang hanif menghendaki untuk melindungi wanita dan menjaganya dengan berbagai cara serta sarana, yang pada akhirnya ada manfaat yang kembali kepada wanita tersebut. Dari uraian ini kita bisa mengambil beberapa faidah di antaranya.
Diharamkannya wanita bepergian selain haji dan umrah tanpa disertai mahram atau suaminya. Ini menurut pendapat fuqaha, asalkan ada jaminan kemanan bila disertai wanita lain yang dapat dipercaya. Pendapat ini berbeda dengan pendapat orang yang mensyaratkan mahram atau suami.
Perhatian Islam terhadap wanita untuk menjaganya, tidak memancing kekhawatiran apabila ada gangguan terhadap dirinya. Imam Nawawi Rahimahullah mengatakan (Syarhu Shahihi Muslim, III/484)
“Yang jelas, segala macam bentuk bepergian dilarang bagi seorang wanita tanpa dibarengi oleh suami atau muhrimnya, baik itu selama satu, dua maupun tiga hari atau bepergian singkat dan lain sebagainya, hal itu didasarkan pada hadits dari Ibnu Abbas Radhiyallahu anhu di atas”.
Amr bin Abdul Mun’im
Dari Ibnu Umar Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, telah bersabda.
“Artinya : Tidak diperbolehkan seorang wanita bepergian selama tiga hari melainkan bersamanya ada seorang muhrim”. (Hadits Riwayat Muttafaqun ‘alaihi)
Dan dari Abu Said Al-Khudri Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.
“Artinya : Tidak diperbolehkan seorang wanita bepergian selama dua hari melainkan bersamanya seorang muhrim darinya atau suaminya”. (Hadits Riwayat Muttafaqun ‘alaihi)
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda.
“Artinya : Tidak boleh bagi seorang wanita yang beriman kepada Allah dan hari akhir untuk bepergian menempuh perjalanan satu hari melainkan bersamanya seorang muhrimnya”. (Hadits Riwayat Muttaffaqun ‘alaihi)
Dan dari Ibnu Abbas Radhiyalahu ‘anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda. “Tidak diperbolehkan seorang wanita bepergian melainkan bersamanya seorang wanita”.
Lalu ada seorang yang berkata. “Wahai Rasulullah, isteriku keluar rumah untuk menunaikan ibadah haji dan aku bertugas di perang ini dan ini”.
Beliau pun bertutur. “Pergi dan berhajilah bersama isterimu”. (Hadits Riwayat Muttafaqun ‘alaihi)
Dalam riwayat lain disebutkan.
“Artinya : Janganlah wanita bepergian selama tiga hari kecuali bersama mahramnya”.
Dalam setiap kondisinya, wanita Muslimah harus selalu mengikuti langkah-langkah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, berusaha semampunya melaksanakan perintah-perintah beliau dan menjauhi apa yang dilarangnya.
Perkataan beliau, “La Yakhilu”, maksudnya “La Yajuzu”, tidak diperbolehkan. Perkataan beliau, “Bagi wanita yang beriman kepada Allah dan hari akhirat”, menurut sebagian ulama, pengertiannya bahwa larangan tersebut hanya dikhususkan bagi wanita Mukminah, tidak termasuk wanita-wanita kafir. Pendapat ini disanggah bahwa imanlah yang terus menerus menjadi seruan pembuat syari’at terhadap orang yang memiliki iman itu, sehingga dia dapat mengambil manfaat darinya dan dapat selamat.
Wahai Ukhti Muslimah …!
Islam yang hanif menghendaki untuk melindungi wanita dan menjaganya dengan berbagai cara serta sarana, yang pada akhirnya ada manfaat yang kembali kepada wanita tersebut. Dari uraian ini kita bisa mengambil beberapa faidah di antaranya.
“Yang jelas, segala macam bentuk bepergian dilarang bagi seorang wanita tanpa dibarengi oleh suami atau muhrimnya, baik itu selama satu, dua maupun tiga hari atau bepergian singkat dan lain sebagainya, hal itu didasarkan pada hadits dari Ibnu Abbas Radhiyallahu anhu di atas”.
Kamis, 03 Maret 2011
Wujud Kasih Sayang Rasulullah
Akhlak Rasulullah saw. Sebagaimana kita yakini bahwa Nabi Muhammad saw adl Nabi dan Rasul terakhir yg diutus Allah swt kepada segenap umat manusia di kolong jagat raya ini. Beliau diutus dgn tugas menyampaikan risalah Islam sekaligus sebagai rahmatan lil’alamin yg penuh dgn contoh teladan utama. Wujud dari rahmatan lil’alaminnya itu ialah bahwa segala peraturan yg dibawanya bukan hanya utk kebahagiaan bangsanya saja tetapi juga utk seluruh umat manusia secara umum. Norma-norma dan peraturan - peraturan itu diwujudkan dalam bentuk amal perbuatan sedangkan akhlaknya berfungsi sebagai uswah hasanah yg patut dicontoh oleh tiap pribadi muslim khususnya dan oleh tiap umat manusia pada umumnya
Di dalam semua fase kehidupannya beliau terkenal berbudi pekerti baik. tak ada perbuatan yg dituduhkan kepadanya sebagai celaan. Karena budi pekerti dan akhlaknya yg baik itu sejak mudanya beliau telah mendapatkan gelar kehormatan dari kaumnya sebagai Al - Amin .
Kehidupan dan pribadi beliau yg baik itu dijadikan Allah sebagai pola kehidupan yg harus ditiru oleh tiap manusia. Aisyah istri Rasulullah ketika ditanya tentang apa dan bagaimana akhlak dan budi pekerti Rasulullah beliau menjawab bahwa akhlak Rasulullah adl Al Quran. Oleh karenanya maka rumah tangga yg baik adl yg berpola kepada rumah tangga Rasulullah.
Kepemimpinan yg baik dan ideal adl yg berpola kepada kepemimpinan Rasulullah. Ibadah yg baik dan benar berpola kepada yg dilakukan dan dicontoh oleh Rasulullah.
Ajaran Islam Bermuara Pada Akhlak Risalah Islam yg dibawa Rasulullah amal dan ajarannya demikian luas dan dalam. Tidak saja meliputi kehidupan umat manusia tetapi juga menjangkau seluruh kehidupan isi jagat raya ini. Meskipun amalan dan ajarannya telah 14 abad dikaji dan dibahas oleh para cerdik cendikiawan namun hingga kini keluasan dan kedalamannya masih belum terajuk oleh ilmu dan teknologi. Dan bila kita bertanya apa sebenarnya yg dikehendaki oleh ajaran Islam yg demikian luas dan dalam ini dari makhluk manusia ? maka jawabannya cukup sederhana saja yakni bahwa Islam menghendaki agar manusia menjadi orang yg baik. dan orang yg baik itu ternyata ada pada akhlak yg mulia dan terpuji.
Maka utk maksud dan tujuan itulah Muhammad Rasulullah saw diutus kepermukaan bumi ini sesuai dgn penegasannya
“Bahwasanya aku diutus adl utk menyempurnakan akhlak atau budi pekerti yg mulia”
Bahkan dalam salah satu sabdanya yg lain beliau pernah menegaskan bahwa orang mukmin yg paling sempurna imannya adl orang yg paling mulia dan paling baik akhlaknya. Dengan demikian jelas bahwa semua ajaran dan amalan Islam bermuara pada akhlak yg mulia. Islam memandang bahwa akhlak yg mulia dan utama adl sebagian dari iman bahkan merupakan buahnya yg manis. Untuk itulah syariat Islam menggariskan perilaku perbuatan yg bernilai akhlak dgn perintah - perintahnya.
Syariat Islam membina akhlak yg positif sedangkan dgn larangan-larangannya ia menjauhkan nilai-nilai negatif pada akhlak. Itulah sebabnya syari’at Islam selalu mengajak kepada amar bil-ma’ruf dan nahyi ‘anil-munkar memerintahkan kepada yg baik dan mencegah dari yg buruk. Oleh karenanya bila manusia hidup dalam naungan syari’at ia akan terdidik kehidupannya dalam nilai-nilai yg baik serta senantiasa akan menghindari nilai-nilai buruk.
Wujud Kasih Sayang Rasulullah Seluruh perilaku hidup Rasulullah saw sehari - harinya merupakan contoh teladan bagi umat manusia. Beliaulah satu -satunya figur manusia yg memiliki pribadi dan akhlak yg mulia dan utama. Pribadi dan akhlaknya merupakan tumpuan yg memperteduh segala makhluk dunia dalam mencari rachmat Ilahi. Kehidupannya merupakan wujud citra yg paling tinggi dalam seluruh aspek kehidupan manusia tutur bahasanya merupakan puncak segala budi bahasa risalahnya adl ujung segala cita-cita yg mulia.
Beliaulah insan kamil manusia paling sempurna dalam lingkungan kemanusiaan merupakan himpunan dari segala keutamaan Beliaulah Khatamul Anbiya wal-Mursalin.
Untuk mengetahui sejauh mana kelembutan kehalusan dan kemuliaan akhlak beliau terutama sifat kasih sayangnya yg mendalam dituturkan dalam sebuah riwayat sebagai berikut
Pada suatu hari dimusim panas beliau pergi kepasar utk membeli qamis yg terbuat dari kain wool kasar sebagai pengganti bajunya yg sudah usang. Beliau membawa uang sebanyak 8 dirham. Ketika sedang berjalan dilihatnya ada seorang jariah di tepi jalan sedang menangis tersedu. Beliau hampiri anak itu seraya menegur dgn kasih sayang “Kenapa engkau menangis nak ?” budak wanita tadi menjawab “Aku disuruh majikanku kepasar utk belanja makanan aku dibekali uang 2 dirham namun uang itu hilang” jawabnya sambil terus menangis. “Sudah jangan menagis lagi ini uang 2 dirham ambilah sebagai pengganti uangmu yg hilang pergilah belanja” “Terima kasih” kata budak wanita itu seraya pergi meninggalkan Rasulullah. Rasulullah berpikir bahwa uangnya sudah berkurang 2 dirham kini tinggal 6 dirham sudah pasti dgn uang tersebut tidak dapat lagi kain wool kasar paling hanya utk qamis kain katun. Kemudian beliau meneruskan perjalanan ke pasar dan membeli qamis seharga 4 dirham dgn demikian masih tersisa 2 dirham kemudian pulang.
Ditengah perjalanan pulang Rasulullah mendengar seorang tua berseru ditepi jalan “Siapakah yg akan memberiku pakaian semoga ia akan diberi Allah pakaian yg indah di sorga” Rasulullah mendekati orang tua itu dan melihat bahwa pakaian yg dipakainya sudah tidak layak lagi utk dipakai. Maka beliau memberikan qamis yg baru dibelinya itu kepadanya. Selanjutnya Beliau pergi lagi ke pasar membeli pakaian seharga 2 dirham sesuai sisa uangnya yg tentu kualitasnya lbh rendah dari sebelumnya kemudian beliau pulang dgn rasa puas.
Namun ditengah perjalanan pulang bertemu dgn budak perempuan tadi dan sedang menangis pula “Apalagi yg engkau tangisi” kata Rasulullah “Uangmu yg hilang telah kuganti dan engkau sudah belanja” budak itu menjawab “Aku terlalu lama pergi sehingga aku takut pulang krn majikanku pasti memarahiku” “Oh engkau jangan kuatir pulanglah aku akan mengantarmu sampai kerumah dan bertemu majikanmu” kata Rasulullah.
Budak perempuan itu lalu berjalan menuju rumah majikannya sementara Rasulullah mengikutinya dari belakang. Setelah sampai Rasulullah melihat kesekelilingnya sepi dan sunyi maka beliau dgn suara yg keras berseru menyampaikan salam “Assalamu’alaikum warahmatullah”. Tetapi tidak ada jawaban diulanginya sampai tiga kali baru ada jawaban dari dalam “Wa alaikumssalam warahmatullahi wa barakatuh”. Apakah kalian tidak mendengar salamku ” kata Rasulullah maka penghuni rumah menjawab “Kami mendengar ya Rasulullah namun sengaja kami belum menjawabnya sampai engkau mengulanginya 3 kali agar doa yg engkau ucapkan kepada kami lbh banyak keberkatannya” “Baiklah kalau begitu dan ini aku mengantarkan budak kalian pulang ia tadi kehilangan uang belanjanya 2 dirham dan aku telah menggantinya. dan aku harap agar kalian tidak memarahinya krn terlambat pulang” demikian Rasulullah menjelaskan.
“Ya Rasulullah” kata wanita pemilik budak itu “karena engkau telah menolongnya dan telah melindunginya maka budak ini sejak saat ini kami merdekakan semoga senantiasa dalam lindungan Allah berkat kasih sayangmu”
Tidak dapat dibayangkan betapa gembira dan terharunya hati Rasulullah setelah mendengar pernyataan itu demikian pula sibudak itu.
Beliau sambil pulang menuju rumah berseloroh dalam hatinya “Alangkah penuh berkahnya uang 8 dirham ini. Yang kehilangan uang dapat diganti yg tak berpakaian dapat pakaian yg ketakutan dapat tertolong dan seorang budak dapat dimerdekakan dan aku sendiri dapat membeli qamis”
Apa yg dikerjakan Rasulullah saw ini patut menjadi cermin bagi kehidupan muslim dalam kesehariannya lebih-lebih disaat krisis moneter yg sedang dialami oleh kita bangsa Indonesia ini.
Wallahun a’lam bishshawab.
Diambil dari Buletin Dakwah No 33 Thn XXV oleh H. Abdullah Faqih S. Penerbit - Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia Perwakilan Jakarta Raya edisi Jum’at ke - 2 Agustus 1998 M.
Di dalam semua fase kehidupannya beliau terkenal berbudi pekerti baik. tak ada perbuatan yg dituduhkan kepadanya sebagai celaan. Karena budi pekerti dan akhlaknya yg baik itu sejak mudanya beliau telah mendapatkan gelar kehormatan dari kaumnya sebagai Al - Amin .
Kehidupan dan pribadi beliau yg baik itu dijadikan Allah sebagai pola kehidupan yg harus ditiru oleh tiap manusia. Aisyah istri Rasulullah ketika ditanya tentang apa dan bagaimana akhlak dan budi pekerti Rasulullah beliau menjawab bahwa akhlak Rasulullah adl Al Quran. Oleh karenanya maka rumah tangga yg baik adl yg berpola kepada rumah tangga Rasulullah.
Kepemimpinan yg baik dan ideal adl yg berpola kepada kepemimpinan Rasulullah. Ibadah yg baik dan benar berpola kepada yg dilakukan dan dicontoh oleh Rasulullah.
Ajaran Islam Bermuara Pada Akhlak Risalah Islam yg dibawa Rasulullah amal dan ajarannya demikian luas dan dalam. Tidak saja meliputi kehidupan umat manusia tetapi juga menjangkau seluruh kehidupan isi jagat raya ini. Meskipun amalan dan ajarannya telah 14 abad dikaji dan dibahas oleh para cerdik cendikiawan namun hingga kini keluasan dan kedalamannya masih belum terajuk oleh ilmu dan teknologi. Dan bila kita bertanya apa sebenarnya yg dikehendaki oleh ajaran Islam yg demikian luas dan dalam ini dari makhluk manusia ? maka jawabannya cukup sederhana saja yakni bahwa Islam menghendaki agar manusia menjadi orang yg baik. dan orang yg baik itu ternyata ada pada akhlak yg mulia dan terpuji.
Maka utk maksud dan tujuan itulah Muhammad Rasulullah saw diutus kepermukaan bumi ini sesuai dgn penegasannya
“Bahwasanya aku diutus adl utk menyempurnakan akhlak atau budi pekerti yg mulia”
Bahkan dalam salah satu sabdanya yg lain beliau pernah menegaskan bahwa orang mukmin yg paling sempurna imannya adl orang yg paling mulia dan paling baik akhlaknya. Dengan demikian jelas bahwa semua ajaran dan amalan Islam bermuara pada akhlak yg mulia. Islam memandang bahwa akhlak yg mulia dan utama adl sebagian dari iman bahkan merupakan buahnya yg manis. Untuk itulah syariat Islam menggariskan perilaku perbuatan yg bernilai akhlak dgn perintah - perintahnya.
Syariat Islam membina akhlak yg positif sedangkan dgn larangan-larangannya ia menjauhkan nilai-nilai negatif pada akhlak. Itulah sebabnya syari’at Islam selalu mengajak kepada amar bil-ma’ruf dan nahyi ‘anil-munkar memerintahkan kepada yg baik dan mencegah dari yg buruk. Oleh karenanya bila manusia hidup dalam naungan syari’at ia akan terdidik kehidupannya dalam nilai-nilai yg baik serta senantiasa akan menghindari nilai-nilai buruk.
Wujud Kasih Sayang Rasulullah Seluruh perilaku hidup Rasulullah saw sehari - harinya merupakan contoh teladan bagi umat manusia. Beliaulah satu -satunya figur manusia yg memiliki pribadi dan akhlak yg mulia dan utama. Pribadi dan akhlaknya merupakan tumpuan yg memperteduh segala makhluk dunia dalam mencari rachmat Ilahi. Kehidupannya merupakan wujud citra yg paling tinggi dalam seluruh aspek kehidupan manusia tutur bahasanya merupakan puncak segala budi bahasa risalahnya adl ujung segala cita-cita yg mulia.
Beliaulah insan kamil manusia paling sempurna dalam lingkungan kemanusiaan merupakan himpunan dari segala keutamaan Beliaulah Khatamul Anbiya wal-Mursalin.
Untuk mengetahui sejauh mana kelembutan kehalusan dan kemuliaan akhlak beliau terutama sifat kasih sayangnya yg mendalam dituturkan dalam sebuah riwayat sebagai berikut
Pada suatu hari dimusim panas beliau pergi kepasar utk membeli qamis yg terbuat dari kain wool kasar sebagai pengganti bajunya yg sudah usang. Beliau membawa uang sebanyak 8 dirham. Ketika sedang berjalan dilihatnya ada seorang jariah di tepi jalan sedang menangis tersedu. Beliau hampiri anak itu seraya menegur dgn kasih sayang “Kenapa engkau menangis nak ?” budak wanita tadi menjawab “Aku disuruh majikanku kepasar utk belanja makanan aku dibekali uang 2 dirham namun uang itu hilang” jawabnya sambil terus menangis. “Sudah jangan menagis lagi ini uang 2 dirham ambilah sebagai pengganti uangmu yg hilang pergilah belanja” “Terima kasih” kata budak wanita itu seraya pergi meninggalkan Rasulullah. Rasulullah berpikir bahwa uangnya sudah berkurang 2 dirham kini tinggal 6 dirham sudah pasti dgn uang tersebut tidak dapat lagi kain wool kasar paling hanya utk qamis kain katun. Kemudian beliau meneruskan perjalanan ke pasar dan membeli qamis seharga 4 dirham dgn demikian masih tersisa 2 dirham kemudian pulang.
Ditengah perjalanan pulang Rasulullah mendengar seorang tua berseru ditepi jalan “Siapakah yg akan memberiku pakaian semoga ia akan diberi Allah pakaian yg indah di sorga” Rasulullah mendekati orang tua itu dan melihat bahwa pakaian yg dipakainya sudah tidak layak lagi utk dipakai. Maka beliau memberikan qamis yg baru dibelinya itu kepadanya. Selanjutnya Beliau pergi lagi ke pasar membeli pakaian seharga 2 dirham sesuai sisa uangnya yg tentu kualitasnya lbh rendah dari sebelumnya kemudian beliau pulang dgn rasa puas.
Namun ditengah perjalanan pulang bertemu dgn budak perempuan tadi dan sedang menangis pula “Apalagi yg engkau tangisi” kata Rasulullah “Uangmu yg hilang telah kuganti dan engkau sudah belanja” budak itu menjawab “Aku terlalu lama pergi sehingga aku takut pulang krn majikanku pasti memarahiku” “Oh engkau jangan kuatir pulanglah aku akan mengantarmu sampai kerumah dan bertemu majikanmu” kata Rasulullah.
Budak perempuan itu lalu berjalan menuju rumah majikannya sementara Rasulullah mengikutinya dari belakang. Setelah sampai Rasulullah melihat kesekelilingnya sepi dan sunyi maka beliau dgn suara yg keras berseru menyampaikan salam “Assalamu’alaikum warahmatullah”. Tetapi tidak ada jawaban diulanginya sampai tiga kali baru ada jawaban dari dalam “Wa alaikumssalam warahmatullahi wa barakatuh”. Apakah kalian tidak mendengar salamku ” kata Rasulullah maka penghuni rumah menjawab “Kami mendengar ya Rasulullah namun sengaja kami belum menjawabnya sampai engkau mengulanginya 3 kali agar doa yg engkau ucapkan kepada kami lbh banyak keberkatannya” “Baiklah kalau begitu dan ini aku mengantarkan budak kalian pulang ia tadi kehilangan uang belanjanya 2 dirham dan aku telah menggantinya. dan aku harap agar kalian tidak memarahinya krn terlambat pulang” demikian Rasulullah menjelaskan.
“Ya Rasulullah” kata wanita pemilik budak itu “karena engkau telah menolongnya dan telah melindunginya maka budak ini sejak saat ini kami merdekakan semoga senantiasa dalam lindungan Allah berkat kasih sayangmu”
Tidak dapat dibayangkan betapa gembira dan terharunya hati Rasulullah setelah mendengar pernyataan itu demikian pula sibudak itu.
Beliau sambil pulang menuju rumah berseloroh dalam hatinya “Alangkah penuh berkahnya uang 8 dirham ini. Yang kehilangan uang dapat diganti yg tak berpakaian dapat pakaian yg ketakutan dapat tertolong dan seorang budak dapat dimerdekakan dan aku sendiri dapat membeli qamis”
Apa yg dikerjakan Rasulullah saw ini patut menjadi cermin bagi kehidupan muslim dalam kesehariannya lebih-lebih disaat krisis moneter yg sedang dialami oleh kita bangsa Indonesia ini.
Wallahun a’lam bishshawab.
Diambil dari Buletin Dakwah No 33 Thn XXV oleh H. Abdullah Faqih S. Penerbit - Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia Perwakilan Jakarta Raya edisi Jum’at ke - 2 Agustus 1998 M.
Melatih Kesabaran
Latihan untuk membina diri kita sesungguhnya adalah latihan dalam keseharian. Membina diri bukan sesuatu yang dimengerti bahwa; harus dilatih di tempat ibadah atau pada saat tertentu. Justru dalam keseharian, kita dapat meningkatkan pembinaan terhadap diri kita masing-masing. Salah satu pesan yang sangat penting yang pernah diungkapkan di hadapan 1250 orang bhikkhu yang telah mencapai tingkat kesucian, adalah kesabaran. Sesungguhnya kesabaran adalah latihan untuk membina diri yang paling tinggi. Kalau kita berhadapan atau mengalami keadaan yang menyenangkan di sekitar kita, seperti melihat orang lain berbuat baik, berkata ramah, tidak membenci, saling menyayangi, maka kita dapat bersikap sabar.
Tetapi menurut ajaran Sang Buddha, menghadapi keadaan yang menyenangkan bukan sikap sabar, justru kesabaran adalah sikap yang tenang dengan dilandasi sikap yang benar. Pada saat menghadapi kondisi yang tidak menyenangkan, seperti melihat orang lain yang berbuat jahat kepada kita, mencela, menghina, memfitnah, atau melakukan perbuatan buruk apa saja kepada kita, sesungguhnya itu merupakan sikap yang baik dalam melatih kesabaran, untuk melatih kesabaran kalau menghadapi kondisi yang tidak menyenangkan. Kalau ada masalah timbul, biasanya muncul kemarahan, dendam, kebencian, saat itulah betapa rapuhnya batin kita menghadapi keadaan yang tidak menyenangkan, menghadapi orang yang menyulitkan kita. Kalau timbul emosi sikap yang didorong oleh kemarahan, sesungguhnya sikap seperti itu sangat merugikan kita sendiri. Tampak dengan jelas tidak ada ketahanan mental dalam diri kita untuk menghadapi keadaan yang tidak menyenangkan.
Ada dua macam kesabaran:
1. Yang pertama, kesabaran yang paling rendah
Bersabar dengan hal yang sederhana, dengan kondisi yang kecil, seperti: menghadapi udara yang panas, makanan yang tidak sesuai, menunggu agak lama, bersabar bila fisik sedang sakit dan bersabar ketika sedang mengemudikan mobil di jalan. Dalam menghadapi kondisi yang tidak menyenangkan itu, akan memungkinkan kita untuk melatih kesabaran yang lebih tinggi.
2. Yang kedua, kesabaran yang lebih tinggi
Apakah kesabaran yang lebih tinggi itu? Yaitu bersabar terhadap masalah yang lebih besar. Dalam Dhammapada (1:4) Sang Buddha bersabda:
”Mereka yang tidak memendam di dalam dirinya (dan tidak berpikir): ’Ia telah menyiksa diriku, ia telah memukuli tubuhku, ia telah mengalahkan aku dan merampas barang-barangku’, maka kebencian akan lenyap dari batinnya.” Inilah kesabaran yang paling tinggi. Jadi ketika kita disiksa, dipukul, dihina, dicela, dimarahi, namun kita tetap sabar dan tidak membalasnya. Mengapa demikian? Karena kita tahu bahwa; kemarahan dan kebencian apabila muncul dalam batin kita tentu akan merugikan diri kita sendiri dan orang lain.
Kesabaran yang lebih tinggi ini amat sulit. Justru itulah merupakan latihan kesabaran yang tertinggi. Merupakan guru kesabaran kita, kalau ada orang yang mengganggu kita, menghancurkan dan menjelekkan kita. Kalau kita menghadapi dengan emosi yang meluap, sikap itu tidak menyelesaikan masalah, tetapi akan membuat masalah. Kebencian, dendam, dan sakit hati bukan menunjukkan keperkasaan, tetapi sebaliknya, menunjukkan kelemahan mental.
Bagi orang yang melatih kesabaran akan memperoleh lima (5) manfaat:
1. Ia akan disenangi oleh orang lain;
2. Ia akan terhindar dari bahaya;
3. Ia akan terhindar dari kesalahan;
4. Pada saat ia mau meninggal dunia, ia memiliki pikiran yang tenang;
5. Setelah meninggal dunia ia akan terlahir di alam bahagia.
Sekarang bagaimana melatih kesabaran itu? Ada dua macam cara melatih kesabaran, yaitu:
1. Yang pertama, menyadari bahwa segala sesuatu di alam semesta itu tidak kekal, tidak abadi, berubah setiap saat. Kesulitan apapun yang kita hadapi tidaklah kekal dan tidak selamanya akan mencengkeram kita. Masalah yang menyulitkan kita datang sebentar kemudian akan berlalu. Menyadari perubahan terhadap sesuatu masalah membuat kita bertahan. Jadi, tidak ada alasan untuk patah semangat.
2. Yang kedua adalah: kesulitan yang kita alami janganlah kita hadapi dengan berpikir biasa. Apakah berpikir biasa itu? Kita selalu berpikir: ia telah menyiksa diriku, ia telah memukuli tubuhku, ia telah mengalahkan aku dan telah merampas barang-barangku, ia telah benci kepadaku dan ia tidak simpatik kepadaku. Inilah berpikir biasa. Timbul ingin membalas kepada mereka, sehingga hidup tidak tenteram. Berpikirlah secara Dhamma, bahwa kesulitan yang terjadi adalah akibat dari perbuatan kita sendiri. Kesulitan dan segala macam kesalahan bukan dibuat oleh para dewa atau makhluk lain, tetapi oleh akibat dari perbuatan diri sendiri. Kalau tidak dari kita, tidak mungkin masalah menimpa kita. Kalau kita berpikir seperti itu, tidak ada tempat untuk membalas dendam. Justru melihat orang lain berperilaku buruk kepada kita, malah kasihan, karena akan menghasilkan penderitaan.
Dengan dua landasan pengertian inilah kita membangun kesabaran kita, memperkuat daya tahan mental kita dalam menghadapi kesulitan yang mengganggu kita. Dengan cara inilah kita melatih kesabaran. Kita berusaha tenang, batin tidak tergoyahkan meskipun masalah yang datang silih berganti. Kita harus pandai menggunakan kesempatan dalam keseharian, meningkatkan kesabaran kita. Kesabaran sangat dibutuhkan dimanapun kita tinggal. Seseorang yang tidak cukup memiliki ketahanan mental, ia akan mudah terpengaruh melakukan perbuatan buruk. Menurut mereka hal itu akan menghasilkan materi. Namun orang yang memiliki ketahanan mental, tidak akan tertarik dengan perilaku buruk, ia bisa bertahan, ia dapat mengalihkan dirinya dari perbuatan buruk. Karena punya ketahanan mental, tidak tergiur dengan perbuatan buruk walaupun dapat keuntungan besar. Oleh karena itulah kesabaran merupakan kunci keberhasilan melakukan perbuatan baik. Kejahatan akan merugikan makhluk lain dan juga si pembuatnya sendiri. Demikian juga perbuatan baik akan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.
Memang perbuatan yang tidak terpuji, mudah sekali menggiurkan kita, menarik banyak orang karena memberikan manfaat yang tiba-tiba, tidak perlu sabar. Kemudian orang banyak melakukan perbuatan buruk.
Marilah kita melatih kesabaran. Dengan melatih kesabaran kita akan selalu memilih perbuatan yang baik. Dengan melatih kesabaran sekuat tenaga, kita menghindari perbuatan buruk dan perbuatan yang tidak sehat. Dengan keuletan dan sekuat tenaga, kita melakukan perbuatan baik dan berguna bagi masyarakat, keluarga, dan diri sendiri.
Memang perbuatan buruk akan memberikan kenikmatan yang spontan, tetapi kalau perbuatan itu sudah masak, akan berakibat buruk pada kita. Namun sebaliknya, perbuatan baik kalau dilakukan akan berguna bagi orang lain dan diri sendiri.
Marilah kita menggunakan kesempatan untuk meningkatkan kualitas batin kita, meningkatkan kesabaran dan daya tahan mental. Marilah kita mengisi dengan hal-hal yang berguna dengan selalu berbuat baik dan meninggalkan perbuatan buruk serta bersihkan kekotoran batin yang ada pada batin kita. Dengan demikian, kita akan menemukan kebahagiaan dalam kondisi apapun yang datang menyongsong kita dengan ketahanan mental. Hiduplah dengan penuh kesabaran, sehingga hidup kita akan selalu aman, damai, dan bahagia.
Tetapi menurut ajaran Sang Buddha, menghadapi keadaan yang menyenangkan bukan sikap sabar, justru kesabaran adalah sikap yang tenang dengan dilandasi sikap yang benar. Pada saat menghadapi kondisi yang tidak menyenangkan, seperti melihat orang lain yang berbuat jahat kepada kita, mencela, menghina, memfitnah, atau melakukan perbuatan buruk apa saja kepada kita, sesungguhnya itu merupakan sikap yang baik dalam melatih kesabaran, untuk melatih kesabaran kalau menghadapi kondisi yang tidak menyenangkan. Kalau ada masalah timbul, biasanya muncul kemarahan, dendam, kebencian, saat itulah betapa rapuhnya batin kita menghadapi keadaan yang tidak menyenangkan, menghadapi orang yang menyulitkan kita. Kalau timbul emosi sikap yang didorong oleh kemarahan, sesungguhnya sikap seperti itu sangat merugikan kita sendiri. Tampak dengan jelas tidak ada ketahanan mental dalam diri kita untuk menghadapi keadaan yang tidak menyenangkan.
Ada dua macam kesabaran:
1. Yang pertama, kesabaran yang paling rendah
Bersabar dengan hal yang sederhana, dengan kondisi yang kecil, seperti: menghadapi udara yang panas, makanan yang tidak sesuai, menunggu agak lama, bersabar bila fisik sedang sakit dan bersabar ketika sedang mengemudikan mobil di jalan. Dalam menghadapi kondisi yang tidak menyenangkan itu, akan memungkinkan kita untuk melatih kesabaran yang lebih tinggi.
2. Yang kedua, kesabaran yang lebih tinggi
Apakah kesabaran yang lebih tinggi itu? Yaitu bersabar terhadap masalah yang lebih besar. Dalam Dhammapada (1:4) Sang Buddha bersabda:
”Mereka yang tidak memendam di dalam dirinya (dan tidak berpikir): ’Ia telah menyiksa diriku, ia telah memukuli tubuhku, ia telah mengalahkan aku dan merampas barang-barangku’, maka kebencian akan lenyap dari batinnya.” Inilah kesabaran yang paling tinggi. Jadi ketika kita disiksa, dipukul, dihina, dicela, dimarahi, namun kita tetap sabar dan tidak membalasnya. Mengapa demikian? Karena kita tahu bahwa; kemarahan dan kebencian apabila muncul dalam batin kita tentu akan merugikan diri kita sendiri dan orang lain.
Kesabaran yang lebih tinggi ini amat sulit. Justru itulah merupakan latihan kesabaran yang tertinggi. Merupakan guru kesabaran kita, kalau ada orang yang mengganggu kita, menghancurkan dan menjelekkan kita. Kalau kita menghadapi dengan emosi yang meluap, sikap itu tidak menyelesaikan masalah, tetapi akan membuat masalah. Kebencian, dendam, dan sakit hati bukan menunjukkan keperkasaan, tetapi sebaliknya, menunjukkan kelemahan mental.
Bagi orang yang melatih kesabaran akan memperoleh lima (5) manfaat:
1. Ia akan disenangi oleh orang lain;
2. Ia akan terhindar dari bahaya;
3. Ia akan terhindar dari kesalahan;
4. Pada saat ia mau meninggal dunia, ia memiliki pikiran yang tenang;
5. Setelah meninggal dunia ia akan terlahir di alam bahagia.
Sekarang bagaimana melatih kesabaran itu? Ada dua macam cara melatih kesabaran, yaitu:
1. Yang pertama, menyadari bahwa segala sesuatu di alam semesta itu tidak kekal, tidak abadi, berubah setiap saat. Kesulitan apapun yang kita hadapi tidaklah kekal dan tidak selamanya akan mencengkeram kita. Masalah yang menyulitkan kita datang sebentar kemudian akan berlalu. Menyadari perubahan terhadap sesuatu masalah membuat kita bertahan. Jadi, tidak ada alasan untuk patah semangat.
2. Yang kedua adalah: kesulitan yang kita alami janganlah kita hadapi dengan berpikir biasa. Apakah berpikir biasa itu? Kita selalu berpikir: ia telah menyiksa diriku, ia telah memukuli tubuhku, ia telah mengalahkan aku dan telah merampas barang-barangku, ia telah benci kepadaku dan ia tidak simpatik kepadaku. Inilah berpikir biasa. Timbul ingin membalas kepada mereka, sehingga hidup tidak tenteram. Berpikirlah secara Dhamma, bahwa kesulitan yang terjadi adalah akibat dari perbuatan kita sendiri. Kesulitan dan segala macam kesalahan bukan dibuat oleh para dewa atau makhluk lain, tetapi oleh akibat dari perbuatan diri sendiri. Kalau tidak dari kita, tidak mungkin masalah menimpa kita. Kalau kita berpikir seperti itu, tidak ada tempat untuk membalas dendam. Justru melihat orang lain berperilaku buruk kepada kita, malah kasihan, karena akan menghasilkan penderitaan.
Dengan dua landasan pengertian inilah kita membangun kesabaran kita, memperkuat daya tahan mental kita dalam menghadapi kesulitan yang mengganggu kita. Dengan cara inilah kita melatih kesabaran. Kita berusaha tenang, batin tidak tergoyahkan meskipun masalah yang datang silih berganti. Kita harus pandai menggunakan kesempatan dalam keseharian, meningkatkan kesabaran kita. Kesabaran sangat dibutuhkan dimanapun kita tinggal. Seseorang yang tidak cukup memiliki ketahanan mental, ia akan mudah terpengaruh melakukan perbuatan buruk. Menurut mereka hal itu akan menghasilkan materi. Namun orang yang memiliki ketahanan mental, tidak akan tertarik dengan perilaku buruk, ia bisa bertahan, ia dapat mengalihkan dirinya dari perbuatan buruk. Karena punya ketahanan mental, tidak tergiur dengan perbuatan buruk walaupun dapat keuntungan besar. Oleh karena itulah kesabaran merupakan kunci keberhasilan melakukan perbuatan baik. Kejahatan akan merugikan makhluk lain dan juga si pembuatnya sendiri. Demikian juga perbuatan baik akan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.
Memang perbuatan yang tidak terpuji, mudah sekali menggiurkan kita, menarik banyak orang karena memberikan manfaat yang tiba-tiba, tidak perlu sabar. Kemudian orang banyak melakukan perbuatan buruk.
Marilah kita melatih kesabaran. Dengan melatih kesabaran kita akan selalu memilih perbuatan yang baik. Dengan melatih kesabaran sekuat tenaga, kita menghindari perbuatan buruk dan perbuatan yang tidak sehat. Dengan keuletan dan sekuat tenaga, kita melakukan perbuatan baik dan berguna bagi masyarakat, keluarga, dan diri sendiri.
Memang perbuatan buruk akan memberikan kenikmatan yang spontan, tetapi kalau perbuatan itu sudah masak, akan berakibat buruk pada kita. Namun sebaliknya, perbuatan baik kalau dilakukan akan berguna bagi orang lain dan diri sendiri.
Marilah kita menggunakan kesempatan untuk meningkatkan kualitas batin kita, meningkatkan kesabaran dan daya tahan mental. Marilah kita mengisi dengan hal-hal yang berguna dengan selalu berbuat baik dan meninggalkan perbuatan buruk serta bersihkan kekotoran batin yang ada pada batin kita. Dengan demikian, kita akan menemukan kebahagiaan dalam kondisi apapun yang datang menyongsong kita dengan ketahanan mental. Hiduplah dengan penuh kesabaran, sehingga hidup kita akan selalu aman, damai, dan bahagia.
Melatih Emosi dan Menghilangkan Kecenburuan
1. melatih emosi/kesabaran dapat dilakukan dengan perbanyak memperhatikan perasaan orang lain dan memahami perasaan orang lain atau peka terhadap perasaan orang lain sehingga kita akan merasa terjaga emosi dan kesabarannya.. bisa juga dengan cara mengedalikan keinginan kita, seperti jangan terlalu terobsesi terhadap apa yang ingin kita lakukan, sehingga kita bisa lebih bersabar.. untuk latihan diri sendiri. bisa dilakukan dengan perbanyak melakukan meditasi atau latihan pernafasan.. ketika ingin marah,.. maka perhatikan nafas anda dan hitunglah nafas anda satu sampai sepuluh secara perlahan-lahan sampai emosi anda mereda..
mencobalah berpikiran secara logika dan realitis maka anda tidak akan menjadi seorang yang emosionil..
2. untuk menghilangkan kecemburuan dapat dilakukan dengan cara perbanyak berpikir secara positif, jauhi kecurigaan yang berlebihan yang belum tentu ada kebenarannya.. dan berpikir secara terbuka dan logika dan realitis dalam menghadapi segala sesuatu.. lebih banyak mengerti dan memahami orang lain akan membuka hati anda menjadi seorang sosok yang jauh dari kecemburuan dan kedewasaan.
semoga bahagia selalu
mencobalah berpikiran secara logika dan realitis maka anda tidak akan menjadi seorang yang emosionil..
2. untuk menghilangkan kecemburuan dapat dilakukan dengan cara perbanyak berpikir secara positif, jauhi kecurigaan yang berlebihan yang belum tentu ada kebenarannya.. dan berpikir secara terbuka dan logika dan realitis dalam menghadapi segala sesuatu.. lebih banyak mengerti dan memahami orang lain akan membuka hati anda menjadi seorang sosok yang jauh dari kecemburuan dan kedewasaan.
semoga bahagia selalu
Langganan:
Postingan (Atom)